Belajar Cara Membuat Website Sendiri

Belajar Cara Membuat Website Sendiri - Pernah bingung membedakan istilah website dan blog? pada dasarnya, semua yang kamu lihat di internet adalah website. Namun demikian, website tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup ngetop adalah blog, social media dan toko online. Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya tampilan artikel blog biasanya diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

Cara Membuat Website Sendiri
Cara Membuat Website Sendiri

Mengapa Kita Perlu Memiliki Website ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba jawab pertanyaan ini: “Mengapa anda ingin membuka toko baru atau kantor baru?” Jawabannya jelas. Karena anda ingin memperbesar bisnis anda! Dalam hal ini, website dapat memberikannya kepada anda dengan biaya yang relatif lebih murah. Seperti kebanyakan pemilik bisnis yang saya temui, anda mungkin berpikir kalau bisnis anda tidak akan diuntungkan dengan adanya website atau tidak memiliki budget untuk membuat sebuah website. Atau mungkin anda berpikir karena anda tidak menggunakan komputer, maka pelanggan anda juga tidak. Ada salah persepsi disini. Saya ingin bagikan kepada anda beberapa alasan mengapa bisnis anda perlu memiliki Website. Berikut Alasannya :
  • Website akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis
  • Website menghemat uang anda
  • Memudahkan pelanggan mendapatkan informasi terbaru
  • Website memungkinkan mencapai target pasar yang lebih luas.
  • Memberikan tempat untuk menunjukan produk anda.
  • Website dapat menghemat waktu anda.
  • Teman atau pelanggan anda dapat mempromosikan anda.

Apa Saja Jenis-Jenis Website

Website merupakan suatu media yang berada di jaringan Internet yang beisi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Di internet, orang bisa memposting apa saja, bebas. Namun sebetulnya sudah ada pengklasifikasian khusus mengenai fungsi dan informasi yang terkandung di dalam website tersebut. Dilihat dari segi kontennya, website terbagi menjadi 2 jenis yaitu :  

1. Website Statis, Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.  

2. Website Dinamis, Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman. Melihat dari segi fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang banyak digunakan.

Apa Saja Manfaat & Keuntungan Memiliki Website?

Sering muncul pertanyaan bagus, apa untungnya punya website? Apa sih manfaat punya website itu? Begitulah beberapa pertanyaan yang kerap saya jumpai. Nah lewat artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai apa saja keuntungan memiliki sebuah website bagi sebuah perusahaan Mengapa website itu penting? Mungkin sudah sangat banyak orang yang tahu betapa pentingnya website. Meski perusahaan Anda sudah punya brosur, sudah pasang iklan di mana-mana, sudah dikenal di masyarakat, tetapi sebenarnya masih butuh website. Nah inilah beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika memiliki website, di antaranya adalah :
  1. Sarana Penjualan Produk
  2. Mempermudah Komunikasi
  3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
  4. Mendatangkan Calon Konsumen
  5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
  6. Branding
  7. Kemudahan Memberi Informasi
  8. Kemudahan Melakukan Polling
  9. Menimbulkan Kesan Profesional
  10. Mencari Partner Baru

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri?

Maukah Anda Menemukan Rahasia Tersembunyi Bagaimana Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat dengan Tangan Anda Sendiri ? Jika Iya, Teruslah Membaca... Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat sebuah website. Panduan ini ditujukan bagi para pemula, dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses cara membuat website sendiri dari dasar banget. Pada dasarnya, asal kamu udah bisa browsing dan mengetik, maka kamu udah punya modal untuk membuat website sendiri kok.

Tulisan ini merupakan bagian kecil dari berbagai tutorial tentang cara membuat website sendiri yang ada di prothelon.com ini. Untuk melihat keseluruhan tutorial tentang cara membuat website sendiri, kamu bisa klik di sini. Saya juga membuat beberapa link menuju tutorial lain yang terkait untuk memudahkan kamu untuk mempelajari lebih lanjut topik-topik tertentu yang diperlukan. Hampir semua topik itu udah ada di prothelon.com kok. Yuk, kita mulai… Pada prinsipnya ada beberapa cara untuk membuat website, saya membaginya ke dalam 4 kategori, berikut Cara Membuat Website Sendiri yaitu:
  1. Instan, cara ini adalah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah dalam membuat website. Contoh paling mudah adalah menggunakan blogspot, worpress, tokobagus, dll. Cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya bisa membuat website sesuai format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya. Silakan baca tutorial cara membuat website menggunakan blogspot atau wordpress ini untuk mempelajari langkah-langkah pemuatannya.
  2. CMS atau Content Management System. Cara ini relatif cepat seperti metode instan, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara Instan. Kamu tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun demikian, kamu pada umumnya harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki 2 jenis yaitu instan dan CMS), Prestashop untuk toko online, dll. Kamu bisa klik tutorial membuat website CMS WordPress ini untuk mempelajari langkah-langkah pembuatannya.
  3. Framework, cara ini memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, namun kamu harus memiliki kemampuan web programming.
  4. Web Programming. Cara membuat web ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan kamu dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau kamu udah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya kamu bisa membuat segala jenis website yang kamu inginkan, nyaris tanpa batas. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari cara ini, kamu minimal harus menguasai HTML, PHP dan MySQL.
Nah, untuk membuat website dengan metode CMS, Framework dan Web Programming, kamu memerlukan domain dan hosting. Apa tuh maksudnya domain dan hosting? Mari kita pelajari bersama.

Panduan Penting Langkah demi Langkah Membuat Website Sendiri

Dapatkan Nama Domain Kamu Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain kamu sendiri. Sebuah domain adalah nama yang ingin kamu berikan untuk website yang kamu buat. Untuk memperoleh nama domain, kamu harus membayar biaya sewa tahunan sebagai hak penggunaan nama tersebut. Yah, kamu tahu sendirikan, kalau nama website itu harus unik, dan hanya satu-satunya di internet. Kalau tidak orang pasti akan bingung mana web site punya kamu dan mana website yang milik orang lain. Jadi, di seluruh internet, kamu pasti hanya akan menemukan sebuah website yang alamatnya cuma satu. Nah, sebelum kamu berpikir macam-macam, perlu saya ingetin bahwa memiliki nama domain bukan berarti kamu sudah memiliki sebuah website. Belum. Ingat, nama domain ini hanyalah sebuah nama. Seperti kamu mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia nyata. Memiliki ijin usaha ini bukan berarti kamu memiliki toko atau gudangnya kan? Silakan lihat tutorial Cara Membuat Website Pemula ini untuk mendapatkan tips memilih nama domain yang baik untuk website anda.  

Pilih Sebuah Web Hosting

Langkah berikutnya dalam proses membuat website sendiri ini adalah memilih web hosting. Sebuah web hosting pada dasarnya adalah sebuah perusahaan yang memiliki beberapa komputer yang selalu terhubung ke internet. Jika kamu menempatkan halaman-halaman web kamu di komputer mereka, maka seluruh dunia bisa menghubungi komputer itu dan melihat halaman website kamu. Kamu perlu mendaftarkan diri dulu ke web hosting agar website yang kamu buat memiliki “rumah”. Jika memiliki nama domain bisa diibaratkan dengan memiliki ijin usaha, maka memiliki akun web hosting kira-kira mirip dengan menyewa kantor atau toko untuk bisnis kamu. Menyewa? Ya, untuk web hosting yang berbayar. Tentu saja kamu bisa memilih web hosting berbayar ataupun yang Web Hosting gratisan. Kamu juga bisa baca tutorial singkat tentang membuat website di hosting berbayar ini. Gimana? Menarik bukan. Silahkan anda berkreasi dengan website anda sesuai dengan kemampuan.


Tutorial Cara Membuat Website  Sendiri

Silahkan temen-temen pilih saja mana yang lebih mudah untuk memulai membuat website di internet. Untuk lebih jelasnya yuk mari kita simak saja informasinya di bawah ini:

Metode 1
Cara Membuat Website dari Blog Gratis

Mungkin ada temen-temen disini yang mau komplain bahwa blog dan website itu tidak sama? hal yang seperti ini seharusnya tidak usah lagi diributkan, karena pada dasarnya kita hanya akan membuat halaman-halaman yang bisa diakses lewat internet. Blog tidak lain hanya merupakan sebuah website dengan fungsi-fungsi yang terbatas, karena semuanya bergantung kepada kebijakan sama si "empunya"-nya blog tersebut. Jadi...
  • Pertama-tama yang harus sobat lakukan untuk membuat website dari blog gratis adalah membuat sebuah akun blog. Sobat bisa mempelajari di artikel bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger. Silahkan lakukan tahapan demi tahapan dengan seksama di postingan tersebut.
  • Apabila blog sudah dibuat, maka lakukanlah untuk mencari template blog yang lebih keren lagi yang dirasa cukup representatif agar bisa mewakili karakter atau dari bisnis yang akan sobat jalankan. Banyak sekali template blog yang bisa sobat dapatkan baik itu yang gratis ataupun berbayar. Hanya tinggal mencarinya di Google, lalu download templatenya dan disimpan tuh hasilnya.
  • Setelah mendownload template blog yang sobat sukai, maka tinggal menggantinya, jika belum tahu caranya, silahkan untuk membaca panduannya di artikel Cara Mengganti Template Blog Gratis di Blogger. 
  • Jika sudah membuat blog gratis di blogspot, maka langkah selanjutnya sobat akan membuat website sederhana dan tentunya apabila punya sedikit kemampuan pemograman bisa mengedit templatenya menjadi lebih seo friendly. Silahkan untuk mempelajarinya di postingan bagaimana Cara Membuat Template Blog Menjadi Seo Friendly.
  • Nah, setelah sobat menyelesaikannya dari tahapan-tahapan di atas, maka yang perlu sobat lakukan sekarang adalah mengisi website sederhana yang telah dibuat tersebut dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan berguna bagi semua orang. Untuk lebih jelasnya bisa merujuk ke postingan berikut tentang bagaimana Cara Membuat Artikel di Blogspot.

Kini saatnya sobat mengganti domainnya menjadi .com setelah selesai membuat website dari blog gratis. Lalu bagai mana caranya? sobat bisa mengikuti caranya seperti informasi dibawah ini :

Mengganti Blog Gratis Dengan  Domain .COM

Saat kita menggunakan Blog Gratis, maka tentu saja hosting tidak diperlukan oleh anda. Sobat hanya akan memerlukan nama domain saja. Supaya lebih mudahnya bisa menggunakan penyedia layanan domain murah yang ada di Indonesia, berikut langkah-langkahnya :
  • Silahkan menuju layanan domain murah di sini.
  • Kemudian Masukkan nama blog anda pada kotak yang tersedia disana, setelah itu klik GO!.
cara membuat website

  • Dan langkah berikutnya, anda akan dibawa ke halaman baru untuk mengetahui apakah alamat domainnya sudah ada yang pakai atau belum? jadi silahkan di masukkan kode untuk loginnya kemudian klik "Cari".
cara membuat web
  • Kemudian akan terbuka lagi halaman baru dimana halaman ini akan menjelaskan bahwa blog yang anda daftarkan belum ada yang punya dengan tanda tulisan berwarna hijau "WOW! kontesseoweb.com tersedia untuk anda! jangan lewatkan jika domain ini brarti buat Anda", jadi silahkan di klik saja "Tambahkan ke keranjang Belanja"
cara membuat website gratis
  • Selanjutnya tinggal di klik saja tulisan "Go to checkout"
cara buat website
  • Setelah itu anda akan dibawa ke halaman baru Detail Pemesana, silahkan di klik saja "Checkout"
cara membuat website sendiri
  • Dan disinilah halaman Order Anda, jadi silahkan Anda isi semua biodata diri anda di halaman member area pelayanan domainnya, jika sudah selesai, tinggal di klik saja "Selsaikan Pesanan".
membuat website gratis
  • Jika sudah selesai, segera buka alamat email yang anda daftarkan sewaktu mengisi biodatanya, nanti akan ada penagihan sejumlah uang untuk layanan domain yang anda beli. Tinggal transfer ke layanan domainnya, kemudian kita konfirmasi pembayarannya, dan nanti diaktifkan domain yang kita beli.
  • Selesai deh Cara Mengganti Blog Gratis Dengan Domain .COM. Selamat mencoba... 

Metode 2
Cara Membuat Website Menggunakan Software CMS

Blogspot gratisan itu ada dibawah kendali google. Jika kita melanggar TOS atau persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak google, maka jika kita membuat sedikit saja kesalahan alias melanggarnya, maka blog punya kita bisa dihapus. Kebayang kan, udah capek-capek membuatnya, eh tiba-tiba dihapus. Nah, untuk menghindari masalah tersebut, maka Membuat Website Menggunakan Software CMS yang anda hosting sendiri merupakan salah satu pilihan untuk menghindari supaya blog kita ngga dihapus. Dengan cara ini anda harus mengupload File-file PHP atau sejenisnya ke hosting anda sendiri.

Namun disinilah anda harus belajar bahasa pemograman sebagai salah satu syarat agar websitenya bisaberjalan dengan baik. Tapi... jika anda belum belum ada kemampuan bahasa pemograman, anda bisa memilih opsi lain dengan cara menggunakan CMS Wordpress. Sebuah website bisa anda ciptakan tanpa perlu belajar bahasa pemograman. Karena website dari jenis CMS Wordpress ini mudah di atur yang tentunya akan berada dibawah kendali diri anda. Lalu bagaimana Cara Membuatnya?

Berikut langkah-langkah cara membuat website dengan memakai Hosting Sendiri Berupa Jenis CMS Wordpress:

  • Langkah Pertama, milikilah sebuah akun pada sebuah layanan web hosting. Jadi, persiapkan budget untuk membeli layanan domain dan hostingnya. Anda bisa menghubungi sebuah layanan web hosting di SINI
  • Langkah Kedua, silahkan masuk kedalam CPANEL anda. Caranya buka browser internet anda, kemudian ketikkan namadomain.com/cpanel atau bisa mengklik langsung LINK yg sudah di berikan oleh penyedia layanan web hosting yang sudah anda beli di dalam email anda.
  1. Masukkan Username Anda (username ini ada di dalam gmail yang anda daftarkan ketika anda sudah membeli sebuah akun domain dan hosting).
  2. Silahkan masukkan passwordnya (password ini juga ada di dalam gmail yang diberikan layanan web hosting yang anda beli).
  3. Langkah selanjutnya klik "Log in"
  • Langkah Ketiga, pilih menu Softaculous Apps Installer, kemudian klik gambar Wordpress.
  • Langkah Keempat, setelah terbuka halaman baru, maka silahkan di klik "Install"
  • Langkah kelima, masukkan data-data yang diminta untuk membuat website wordpressnya, disini biasanya anda akan diminta mengisi :
Choose Protocol : Silahkan anda bisa memilih "http://"  saja atau "http://www" terserah anda.
Choose Domain : ini sudah otomatis terisi dengan nama domain anda.
Site Name : silahkan diisi sesuai nama website anda.
Site Description : diisi sesuai deskripsi website yang sudah anda ciptakan.
Admin Username : masukkan username sesuai keinginan anda yang mudah diingat.
Admin Password : silahkan masukan kata kunci yang kuat dan mudah diingat.
Admin Email : masukkan email anda.
Select Language : pilih English biar sedikit mudah memahamiya.
Select Theme : silahkan pilih theme website yang anda sukai.
  • Langkah keenam, Jika sudah selesai mengisi data-data website yang diperlukannya, segera klik "Install" dan tunggu beberapa saat sampai menunjukkan angka 100%

  • Langkah Ketujuh, Jika sudah berhasil menginstallnya sampai 100% maka akan terbuka halaman baru dimana halaman ini Anda akan menemukan tulisan "Congratulations, the software was installed successfully" ini menjelaskan bahwa anda telah berhasil menginstall website wordpressnya. Segera lakukakan dengan mengklik tulisan "Administrative URL : http://namadomain.com/wp/wp-admin/"

  • Langkah kedelapan, disinilah anda akan diminta login ke website yang telah anda ciptakan tadi. Jadi ingat ya username dan password ini harus sesuai dengan yang anda ciptakan pada langkah kelima diatas.


  1. Username : Masukkan Username Anda (username sewaktu melakukkan Langkah kelima)
  2. Password : Masukkan Passwordnya (kata kunci saat melakukkan Langkah kelima)
  3. Klik "Log in"
  • Langkah kesembilan, Tadaaa.... Selamat anda telah BERHASIL Cara Membuat Website Menggunakan Software CMS.


  • Langkah kesepuluh, Selesai... tinggal mengisi websitenya dengan hasil karya original Anda.


Metode 3
Cara Membuat Website Menggunakan Bahasa Pemograman

Bagi sobat yang suka tantangan yang lebih supaya bisa melengkapi diri dengan kemampuan membuat theme yang bisa anda kendalikan sesuai dengan keinginan anda sendiri, dimana bisa juga dikembangkan fungsi-fungsinya, maka ini akan mendorong diri anda untuk lebih jauh lagi mempelajari bahasa pemograman, dan ini bisa menjadi awal yang baik bagi kemajuan diri anda. Untuk membuat website.com yang dihosting sendiri. 

Kita harus benar-benar mempunyai pengetahuan pemograman yang memadai. Karena jika tidak, tentu saja hasilnya nanti akan sangat mengecewakan. Bukan sekedar menguasai HTML saja yang dibutuhkan disini, karena ada tiga hal yang harus dikuasai juga. Karena website yang akan diciptakan ini berupa file-fie yang bisa dihosting sendiri. Apa saja 3 hal tersebut? berikut tiga hal yang harus juga dikuasai oleh Anda diantaranya adalah :
  1. Bahasa pemograman tertentu seperti PHP.
  2. Penggunaan software editor file web. 
  3. Pengelolaan database seperti MySQL.

#1. Belajar Bahasa Pemograman Membuat Website

Pemograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemograman dan web. Pemogramana diartikan proses, cara, pembuatan program. Sementara web adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, dan suara juga sumber daya animasi melalui protokol transfer. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web) artinya layanan internet yang paling populer saat ini mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan www.

Bila anda ingin belajar, maka sebaiknya membeli satu buku panduan tentang PHP dan MySQL. Namun jika ingin belajar secara online bisa mengunjungi website W3SCHOOL. Website yang berbahasa inggris ini cukup luar biasa pembahasannya mengenai belajar HTML, PHP, CSS, JavaScript, SQL, jQuery, dll. Jangan khawatir bagi yang tidak bisa bahasa inggris bisa memanfaatkan google translate. Berikut beberapa kecil contoh saja bahasa pemograman :

Contoh HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<title>HTML Tutorial</title>
<body>
<h1>This is a heading</h1>
<p>This is a paragraph.</p>
</body>
</html>

Contoh CSS
body {
    background-color: #d0e4fe;
}
h1 {
    color: orange;
    text-align: center;
}
p {
    font-family: "Times New Roman";
    font-size: 20px;
}

Contoh JavaScript
<script>
function myFunction() {
    var x = document.getElementById("demo");
    x.style.fontSize = "25px";
    x.style.color = "red";
}
</script>
<button onclick="myFunction()">Click Me!</button>

Contoh jQuery
$(document).ready(function(){
    $("p").click(function(){
        $(this).hide();
    });
});

Contoh PHP
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<?php
echo "My first PHP script!";
?>
</body>
</html>

#2. Belajar Penggunaan Software Editor File Web

Setelah anda bisa menguasai bahasa pemograman, belum tentu juga bisa membuat websitenya, karena harus mengetahui juga penggunaan yang lainnya. Karena dibutuhkan bantuan lain seperti membuat website menggunakan software. Ada salah satu software yang sering digunakan dan cukup umum yaitu Adobe Dreamweaver. Untuk bisa menguasainya bisa membeli buku panduan Adobe Dreamweaver, dimana dalam buku ini jauh lebih terstruktur.

Dengan pembelajaran dari dasar sekali tentu tidak akan sulit bagi kita untuk mempraktekannya. Dalam beberapa waktu yang tidak lama anda akan bisa membuat sebuah website PHP sederhana. Tapi bila anda ingin belajar secara online, bisa memanfaatkan panduan berupa ebook yang bisa anda download di http://www.bgsu.edu/downloads/cio/file17760.pdf  namun sayang sekali ebooknya dalam bahasa inggris. Kalau mau silahkan tinggal dowload aja.

Anda juga bisa download template PHP yang sudah jadi alias gratis di http://www.phpjabbers.com/free-website-templates.php dan cara ini sangat cocok bagi anda yang malas membuat template sendiri. Dengan daftar dan login disana anda akan mendapatkan berbagai macam template yang bisa dipilih sesuai keinginan dan selera kita.

Jika diperlukan sobat bisa pakai Adobe Dreamweaver untuk mengedit template yang sudah di downloadnya. Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Sayangnya versi penuh aplikasi yang hebat ini adalah berbayar alias tidak untuk free. Namun sobat bisa coba versi free trial (30 hari) dengan mengakses situs web resminya di http://www.adobe.com/cfusion/tdrc/index.cfm?product=dreamweaver.

Bagian yang terpenting dari sebuah website jenis PHP adalah sobat harus tahu bagaimana cara mengubah stuktur database MySQL sesuai kebutuhan sobat, bahkan sobat harus memahami bagaimana cara menggunakan halaman PHP yang khusus untuk ADMIN.

#3. Pengelolaan Database MySQL

Untuk mengelola database mysql pada saat develop suatu aplikasi ada 2 tools yang bisa sobat manfaatkan yaitu sqlyog bisa sobat coba di (https://www.webyog.com/product/sqlyog) tools ini bisa di gunakan untuk menjalankan simulasi query sebelum digunakan pada code aplikasi. Meskipun sudah ada phpmyadmin yang sangat populer untuk kalangan web programmer, namun sqlyog lebih nyaman menggunakannya.

Dan tools yang kedua yaitu Mysql Workbench (http://dev.mysql.com/downloads/workbench/), dimana tools ini digunakan untuk perancangan diagram ER pada database. Mysql Workbench sangat memudahkan dalam mengatur relasi antar tabel dala perancangan database, dengan menggunakan fitur drag n drop. Pada phpmyadmin mungkin akan kerepotan jika diharuskan merancang relasi tabel dalam skala besar, disini kita akan dimudahkan dengan fitur forward engineer dan reverse engineer.

Membeli Domain & Hosting  Untuk Website

Bagi rekan-rekan yang baru saja mulai belajar cara membuat website, seringkali menemui kebingungan apa saja langkah-langkah membeli domain & hosting. Banyak sekali jasa layanan yang menjual domain & hosting murah yang bisa kita cari di google. Selain itu sekarang setiap layanan penjualnya sudah menyediakan Customer Service yang siap melayani dan membantu untuk kelancaran komunikasi agar kita mendapatkan yang terbaik yang kita cari. Sering-seringlah bertanya pada CS tersebut demi kelancaran transaksi dan kemudahan dalam membuat websitenya.

Jangan lupa yang harus sobat perhatikan adalah syarat layanan hosting tersebut, karena terkadang mereka tidak menerima situs-situs yang melanggar ketentuan perundang-undangan, seperti situs-situs perjudian, pornografi, dll. Dan hal ini sangat penting sekali sebelum rekan-rekan terlanjur membeli domain & hostngnya demi mencegah permasalahan yang akan datang di kemudian hari.

Ada 3 hal yang perlu sobat ketahui apabila belum pernah membeli sebuah domain & hosting, diantara ketiga hal tersebut harus anda pastikan tidak melewatkan email yang diberikan oleh penyedia layanan hosting tersebut, berikut ke 3 hal tersebut :
  1. HOST FTP
  2. Username CPANEL
  3. Password Cpanel

Apabila masih bingung disarankan banyak-banyaklah bertanya pada Customer Service yang tersedia di layanan domain & hosting yang anda beli.

Beberapa Cara Upload File Template Website PHP ke Hosting Server

Setelah selesai mendesain dan membuat website secara offline, langkah selanjutnya adalah mengupload website tersebut ke account hosting yang telah Anda dapatkan. Yang dinamakan dengan upload ini adalah proses memindahkan file-file dari komputer Anda ke server hosting sehingga nantinya bisa diakses oleh banyak orang di seluruh dunia.

Ada 2 cara yang umum dalam melakukan upload file-file website ke server hosting, yaitu :
  1. Upload menggunakan File Manager (atau Legacy File Manager)
  2. Upload menggunakan software FTP
Secara keseluruhan, admin lebih menyarankan untuk mengupload file-file untuk websitenya ke server menggunakan software FTP. Hal yang pertama kali harus di lakukan adalah download FTP client-nya. Sobat bisa menggunakan FTP Client yang bernama FileZilla dapat di download di: http://filezilla-project.org/download.php.

Software gratis Filezilla ini bisa kita gunakan untuk memindahkan file template website PHP tadi ke folder Public_HTML. Untuk memindahkan satu file bisa dengan cara drag and click yang tentunya harus terkoneksi dengan internet serta di dalam hosting berdomain yang sudah dibeli.

Silahkan buka dulu folder Public_HTML untuk membuka file yang banyak dengan cara mengkliknya. Setelah itu sobat bisa memindahkan file tersebut dengan cara menyorotnya. Sekarang yang diperlukan hanya klik kanan kemudian pilih menu Upload untuk memindahkan semua file tadi ke folder public_HTML.

Langsung saja pake cara cepat coba masukan Host, User dan Pass (untuk penggunaan port menggunakan port default, jadi di kosongin saja) Lalu klik quickconnect.

Jika semua data yang dimasukkan valid, kmudian setelah kita klik QuickConnect maka tampilannya akan seperti ini :

Kolom yang sebelah kiri itu adalah file lokal dalam komputer kita, sedangkan untuk yang kolom sebelah kanan itu adalah semua file yang ada di website kita, semua data kita ada di directory public_html silahkan upload ke folder itu jika file yang anda upload ingin bisa di akses oleh orang lain. Sobat bisa melihat video dibawah ini supaya bisa sedikit memahami atau memudahkan cara upload file website ke software Filezilla.

Ababila filenya sudah anda upload ke folder public_HTML, maka website anda sudah bisa diakses oleh orang lain di internet. Dan tentunya dari hasil file-file tersebutlah website anda akan nampak di internet karena file-file tersebut sudah dikirimkan ke alamat domain .com yang sudah anda beli di layanan hostingnya.

Jadi bagi teman yang baru memulai membuat website di internet, silahkan memilih satu dari Cara Membuat Website Sendiri. Agar lebih jelasnya silahkan di simak video tutorial di bawah ini mengenai Cara Membuat Website Sendiri:

Jadi kesimpulannya, dengan blog gratis yang diubah nama domainnya, itu pertanda anda sudah tahu bagaimana Cara Membuat Website Sendiri. Selain itu bisa juga membuat file template sendiri dengan memanfaatkan software Adobe Dreamweaver. Kemudian diupload menggunakan FileZilla (Software FTP) ke domain .com berhosting yang sudah anda beli dalam waktu tertentu. Apa anda membelinya dalam jangka waktu setahun, 2 tahun. dll.

Nah itu dia sobat seosoreang.blogspot.com sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuhewan.com dan juga artikel tentang Cara Membuat Website Sendiri dan yang terakhir ada artikel Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Sewa Mobil di Malang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikian mengenai  Belajar Cara Membuat Website Sendiri. Sumber http://ddsobirin.wagomu.id/e4981.html

0 Response to " Belajar Cara Membuat Website Sendiri"

Posting Komentar