Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara

Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara – Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi. Indramayu merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Mungkin nama kabupaten ini masih terasa asing bagi mereka yang tinggal diluar wilayah Jawa Barat. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah. Mungkin nama Indramayu belum seterkenal nama Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa barat, tapi mengenai destinasi wisata di Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata.

Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara
Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara
Indramayu mempunyai obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah. Banyak tempat wisata menarik di Jawa Barat dan kita harus bersyukur memiliki Indramayu. Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi.

Sekilas Tentang Sejarah Kabupaten Indramayu

Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, hal ini dikarenakan di Jatibarang terdapat pusat Pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, hal yang sama juga terjadi untuk Kecamatan Haurgeulis meski tak dilewati secara langsung oleh Jalur Pantura, namun Kecamatan ini dilalui oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, serta Kabupaten Subang di barat.

Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527.

Indramayu dilintasi jalur pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah Stasiun Jatibarang yang berada di kota Jatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu.

Beberapa kecamatan-kecamatan penting di Wilayah Kabupaten Indramayu di antaranya adalah Indramayu, Jatibarang, Haurgeulis, Patrol, Karangampel, dan Terisi.

Walaupun Indramayu berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan Bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon dialek Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yakni Basa Besiken (dipergunakan untuk berbicara dalam tatanan resmi dan menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan sehari-hari dalam pergaulan). Di bagian selatan dan barat daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.

Beragam Tempat Wisata di Indramayu yang Bisa Anda Kunjungi

Nah disini admin akan coba membedah beberapa tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Dan bersiap-siaplah anda terpesona dengan Kabupaten Indramayu. Berikut beberapa tempat wisata di Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara :

1. Pulau Biawak

Berpetualang di Keindahan alam di Pulau Biawak yang Siap Menyambut Pengunjungnya Dengan Koloni Biawak dan Mercusuar Yang Menjulang ini menjadi sebuah anugrah terindah dan tantangan tersendiri untuk para penumpang yang telah terombang -ambing di tengah Laut Jawa selama kurang lebih 5 jam. Kejernihan dan gemercik air laut, serta putihnya pasir pantai, dan pesona pulau biawak ini mampu menghipnotis para pengunjung.

Selain itu ada sebuah mercusuar yang menjulang tinggi, bagaikan seseorang yang siap menerima para wisatawan. Ketika kita sampai dipulau ini banyak biawak pun keluar yang menyambut kita dari balik pepohonan menuju hamparan pasir putih.

Keindahan alam di Pulau Biawak ini menjadi sebuah anugrah terindah dan tantangan tersendiri untuk para penumpang yang telah terombang -ambing di tengah Laut Jawa selama kurang lebih 5 jam. Kejernihan dan gemercik air laut, serta putihnya pasir pantai, dan pesona pulau biawak ini mampu menghipnotis para pengunjung.

Selain itu ada sebuah mercusuar yang menjulang tinggi, bagaikan seseorang yang siap menerima para wisatawan. Ketika kita sampai dipulau ini banyak biawak pun keluar yang menyambut kita dari balik pepohonan menuju hamparan pasir putih.

2. Pantai Tirtamaya 

Menikmati Indahnya Sunrise Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemkab Indramayu untuk menarik banyak wisatawan untuk bisa berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

Sekarang pantai ini kabarnya juga sudah menjadi pintu masuk menuju pulau biawak. Tentu saja pantai ini sedang digarap secara serius oleh Pemkab Indramayu untuk dijadikan destinasi wisata yang lebih menarik.
Disini anda bisa bermain air dipantai atau hanya sekedar menikmati suasana pantai. Saat mengunjungi pulau ini, anda akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872.

Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut anda kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih dengan ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Seperti namanya, disini anda juga akan disambut oleh koloni biawak yang tersebar.
anda bisa melakukan banyak hal disini seperti memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.

Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat wisata di indramayu yang banyak dikunjungi oleh para wisata, selain sebagai  laut yang aman untuk kagiatan mandi, pantai ini juga mempunyai panorama yang indah, terutama pada saat terbit dan  terbenamnya matahari pasti kan menampilkan senja yang sangat indah. Pantai Tirtamaya ini tepatnya terletak dijalur Jalan Raya Indramayu – Cirebon, ± 17 Km dari kota Indramayu atau ± 39 Km dari kota Cirebon.

3. Pantai Balongan Indah

Indramayu sebenarnya memiliki banyak potensi obyek wisata yang menarik  pengujung seperti pantai yang mempesona dengan deretan perahu nelayan, situ dan pulau, hingga wisata buatan seperti kolam renang atau sarana hiburan serta wisata sejarah. Salahsatunya Pantai Balongan Indah ini terletak di Kecamatan Balongan dengan pemandangan pantai indah dan bibir pantau yang luas serta kalian bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Di Pantai ini sudah tersedia berbagai tempat pemandian untuk wisatawan yang habis berenang.
Pantai Balongan Indah tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah cukup bisa mempesona anda saat mengunjunginya.

Disini anda bisa menikmati sunset dan sunrise dengan seksama karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, disini biasanya juga ada kapal-kapal nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini.

4. Pantai Glayem

Pantai Glayem Menawarkan Keindahan Pantai Dan Menu Seafood Khas Glayem yang sangat mempesona dengan ombak yang relatif lebih kecil sehingga anda bisa bermain air dengan nyaman. Saat ini pantai ini juga tengah dibangun pemecah dan penahan ombak.

Disini anda bisa menikmati keindahan pantai sambil menaiki perahu bermotor yang siap membawa anda berkeliling. Selain itu, ditepi pantai juga banyak penjual jasa penyewaan ban untuk berenang dan kereta wisata untuk mengitari pantai.

Di pantai Glayem, anda juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dengan menu khas olahan laut ala Glayem.

5. Pantai Karangsong

Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah dengan kawasan hutan mangrove yang menawan, anda juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. Anda juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini ditempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini.

Dikawasan ini juga ada hutan mangrove yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Disini anda bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, disini anda juga bisa memancing, karena kabarnya dihutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar bersemayam.

Wisata hutan mangrove di Karangsong Kabupaten Indramayu seolah menjadi daya magnet yang luar biasa untuk menarik pengujung. Banyak sekali wisatawan lokal yang berasal dari Indramayu sendiri maupun luar indramayu untuk mengunjungi pesisir pantai karangsong sambil menikmati indahnya hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil, banyak yang mengabadikannya melalui berfoto ria dan tidak lupa juga sambil foto selfie. Masuk ke tempat wisata ini parkir mobil dikenakan biaya Rp.10.000, parkirnya luas guys. Pantai di Indramayu memang bukan pantai pasir putih, jangan bayangkan kalau lautnya berwarna biru bening ya karena air laut disini berwarna coklat.

6. Pantai Lemah Abang Eretan

Pantai yang mempesona dengan tanah kemerahan yang mengelilinginya ini sangat mudah dijangkau oleh anda karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantai Utara. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas.

Hal yang cukup langka ditemukan dipantai-pantai lain, disini anda juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan perajin yang sedang membuat perahu atau kapal disepanjang jalan menuju Pantai Lemah Abang Eretan.

7. Situs Buyut Banjar

Disini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Disini anda bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Disini ada sebuah legenda Dengan Misteri Koloni Kera Berjumlah 41 yang yang sangat populer dikalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor. Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

8. Taman Cimanuk

Lokasi taman Taman Cimanuk Yang Menjadi Ikon Baru Wisata Indramayu ini terdapat jalan veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut. Namun anda tetap bisa menikmati berbagai kenyamanan dan keindahan tatanan taman ini.

9. Situ Bolang

Terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung ±20 km dari kota Indramayu dan Situ bolang ini merupakan salah satu wisata alternatif dengan suasana nyaman dan tenang yang di dukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan, memiliki luas 74 ha.

10. Kilang Minyak Balongan

Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksi oleh Raden Aria Wiralodra yang ditulis dalam Bahasa Sangsekerta dan kini tertuang dalam Prasasti Aria Wiralodra.

Sarana lain yang turut menunjang kepariwisataan adalah adanya hotel, dan jumlah hotel sampai akhir tahun 2011 tercatat 25 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 465 kamar dengan jumlah tenaga kerja di bidang perhotelan tercatat 341 orang.
Bagaimana nih sobat seosoreang.blogspot.com, apakah anda sudah terpesona dengan Indramayu? Masih ada banyak sekali pesona keindahan wisata di Indramayu. Untuk lebih jelasnya baca saja di http://ddsobirin.wagomu.id/e4136.html. Nah itu dia sedikit informasi yg bisa admin bagikan. Semoga ada manfaatnya buat anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga artikel lainnya terkait Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Rental Mobil di Malang dan juga postingan Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com serta ada artiel berjudul RF3 World Firmax3 Malaysia. Demikianlah informasi seputar Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara.

0 Response to "Indramayu Kota Wisata di Jalur Pantai Utara "

Posting Komentar